Inovasi Quality Control, PHR Kembangkan Aplikasi I-TRUST untuk Tingkatkan Keandalan Operasi Migas
Jumat, 14-06-2024 - 08:03:31 WIB

TERKAIT:
   
 


DURI - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional 1 Sumatera terus berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan dan keandalan operasional melalui digitalisasi, salah satu langkahnya adalah melalui penerapan Super-app I-TRUST (Integrated-Testing-Reliability-Evaluation System Tracking). Aplikasi ini disosialisasikan dalam acara Drilling and Well Intervention (DWI) Quality Control (QC) Days 2024 yang mengangkat tema “Ensuring Safety & Operation Reliability Through Digitalization by Implementing I-Trust Super App” yang diselenggarakan di Widuri Club (WDC), Duri, Riau, pada Rabu-Jumat 12-14 Juni 2024. 

Aplikasi I-TRUST merupakan sistem QC yang berisi checklist terstandar dari 66 jenis perlatan/material pengeboran untuk meminimalkan deviasi antar petugas pemeriksa, termasuk di dalamnya sistem pelacakan dalam bentuk “QR code” guna material/peralatan yang telah terinspeksi benar-benar terkirim ke lokasi.

Implementasi aplikasi I-Trust dilakukan dengan mengajak para peserta workshop mengunjungi langsung Warehouse Cementing, Warehouse Mud dan Warehouse Directional mitra kerja PHR untuk implementasi langsung sistem QC hingga penerapan QR code. Workshop kali ini melibatkan wakil DWI dari DWI SHU, DWI 5 regional beserta 14 zonanya termasuk di beberapa fungsi terkait seperti, Drilling Technical Excellence Coordinator (DTEC), Upstream Innovation (UI), Operasi Eksplorasi, HSE yang berkolaborasi dengan fungsi ICT Regional 1.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melanjutkan pengembangan sistem QC material & peralatan pengeboran yang dirintis sejak tahun 2018 di Pertamina EP dan sempat terhenti pasca Go Live SHU 2021. Oleh DWI Regional 1 Sumatera, sistem ini tetap dikembangkan hingga menjadi aplikasi QC I-Trust yang saat ini telah diimplementasikan kembali di DWI Regional 1 Sumatera termasuk beberapa Wilayah Kerja (WK) Pertamina EP (PEP) dan lingkungan sumur-sumur eksplorasi di WK Rokan & Regional 1.

Sistem ini sebagai upaya membantu meningkatkan kontrol kualitas material dan peralatan pengeboran, sehingga meminimalisir risiko kegagalan operasi dan kecelakaan kerja. “Inovasi ini bukan hanya soal aplikasi, tetapi diawali dengan standarisasi checklist yang ddibungkus dalam bentuk digital dari sistem requested hingga tracking dengan QR code, adapun tujuannya untuk menghadirkan operasional yang unggul dan tetap aman untuk menjawab tantangan terkait operational excellence,” kata Senior Manager DWI PHR Regional 1, Nataniel B. Sangka.

Workshop ini juga menghadirkan tiga orang narasumber dari Guru Besar & Praktisi guna memberikan masukan dan saran untuk pengembangan sistem QC di lingkungan Pertamina termasuk pengembangan Super-app I-TRUST kedepannya.

Pada kesempatan tersebut, EVP Upstream Business PHR WK Rokan, Andre Wijanarko, optimis bahwa operasional di PHR akan semakin baik dalam menghadirkan energi bagi negeri. “Semoga aplikasi ini dapat mempermudah kita semua dalam operasional di PHR dan membawa kita ke era drilling yang lebih bagus, cepat, dan tentunya selamat. Inovasi ini juga untuk menjaga amanah dan tanggung jawab yang diberikan kita di Pertamina,” ungkap Andre dalam sesi pembukaan workshop. (rls/pri) 



 
Berita Lainnya :
  • Inovasi Quality Control, PHR Kembangkan Aplikasi I-TRUST untuk Tingkatkan Keandalan Operasi Migas
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Gerak Cepat, PHR Pulihkan Operasional dan Serahkan Bantuan ke Warga Terdampak
    02 Pj Gubri Tinjau 3 Titik Ruas Jalan Rusak di Pekanbaru
    03 RUPS PT SPR Langgak, Yan Dharmadi Ditunjuk Komisaris, Ahmad Sabidi Jabat Direktur
    04 PHE Gelar Sharing Knowledge Bersama Sosok Inspiratif
    05 Waspada Hotspot Mulai Bermunculan di Riau
    06 FKPMR dan PPMR Keluarkan Pernyataan Sikap, Ini Tanggapan Pj Gubernur SF Hariyanto
    07 Bantu Awasi Pekerjaan di Blok Rokan dan Hasilkan Efisiensi, PHR Beri Penghargaan ke Kejati Riau
    08 Besok Malam KONI RIAU Gelar Rakerprov
    09 Kantor Wilayah DJP Riau Gelar Spectaxcular
    10 Pj Gubri Tanam 70 Pohon Durian Musang King di Halaman Kediaman Gubri
    11 Beasiswa STAIN Sultan Abdurrahman Kepri Disalurkan Lewat BRK Syariah
    12 Hasil Evaluasi Pj Gubri Kembali Akan Assesment 6 OPD
    13 Waspada Hotspot Mulai Bermunculan di Riau
    14 Apresiasi Komitmen Pemerataan Pembangunan
    15 APBD Riau 2025 Diproyeksikan Turun
    16 Sinergi dengan BRK Syariah, GSB Riau Evaluasi Proses Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha
    17 Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
    18 Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Berkat Operasi PHR di Blok Rokan
    19 Aqila Sang ’Local Hero’ Cilik Penggerak Peduli Lingkungan
    20 Cuaca Cerah Berawan, Waspada Hotspot Mulai Bermunculan
    21 BRK Syariah Sangat Eksis Sosialisasikan Tabungan Simpel
    22 Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau