Pemerintah Berencana Bentuk Indonesia Tourism Fund
Selasa, 05-12-2023 - 10:44:41 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong jajarannya untuk membentuk dana kepariwisataan Indonesia atau Indonesia tourism fund guna mendukung penyelenggaraan kegiatan dan promosi pariwisata serta peningkatan citra Indonesia di mata dunia.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Agenda Tahunan Pariwisata dan Pembentukan Tourism Fund yang dipimpin Presiden Jokowi, Senin (4/12/2023) di Istana Merdeka, Jakarta.

“Bapak Presiden memberi arahan untuk mendirikan Indonesia tourism fund atau dana kepariwisataan Indonesia, yaitu sebuah dana yang difokuskan untuk mendukung penyelenggaraan event promosi pariwisata dan juga nation branding atau peningkatan image Indonesia di mata dunia,” ujar Menparekraf.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menekankan agar data kepariwisataan tersebut dikelola dengan baik serta diprioritaskan pada ajang kelas dunia serta berpotensi meningkatkan perekonomian lokal bahkan nasional.

“Arahan Bapak Presiden kelembagaan ini tentunya akan dikelola dengan penuh tata kelola yang baik, secara hati-hati akan memilih event–event berkualitas dunia yang akan nanti meningkatkan perekonomian lokal maupun juga nasional, sehingga pemerintah memiliki daya saing yang meningkat dari segi bidding untuk beberapa event–event besar, mulai dari MICE dan event–event dunia lainnya,” imbuhnya.

Sandi mengatakan,kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan ajang internasional mulai dari G20 di tahun 2022 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di 2023 hingga turnamen olahraga, musik, seni, dan budaya, serta berkaitan dengan ekonomi kreatif telah memberikan dampak ekonomi bagi bidang pariwisata nasional.

“MotoGP yang diselenggarakan bulan Oktober berhasil meningkatkan dampak ekonomi di atas Rp8 triliun dan NTB sendiri menjadi penyumbang pergerakan bisnis terbesar di bulan Oktober. Ini karena ada satu event yang menjadi event unggulan,” imbuhnya.

Menparekraf mengungkapkan, di dalam ratas Presiden juga menekankan agar pengembangan pariwisata di tanah air tidak hanya berkualitas tetapi juga berkelanjutan.

“Presiden menitipkan bahwa kita harus mampu untuk menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Jadi, kunjungan wisatawan harus meningkat dan juga dampak ekonomi kepada masyarakat juga harus bermanfaat,” ujarnya.

Terkait pengelolaan dana kepariwisataan Indonesia, Menparekraf mengatakan pemerintah tidak akan membuat lembaga baru, melainkan akan dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Seperti dana kebudayaan, dana kepariwisataan juga akan melibatkan semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan kepariwisataan.

“Juga dibicarakan target untuk tahun pertama sekitar Rp2 triliun dana yang dikelola dan nanti dari hasilnya ini akan mendukung event-event baik event nasional, event internasional dan kami akan menyusun calendar of event mana yang nanti akan dikurasi secara penuh kehati-hatian untuk diajukan agar bisa ditetapkan oleh pemerintah menjadi event yang akan didukung oleh Indonesia tourism fund ini,” ujarnya.

Sandi pun berharap peraturan presiden (perpres) mengenai dana kepariwisataan Indonesia ini dapat segera diterbitkan sehingga dapat segera diimplementasikan pada tahun mendatang.

“Kita berharap Ratas ini akan segera diterbitkan perpres di bulan ini, sehingga di 2024 dana pariwisata ini bisa segera dioperasikan,” tandasnya. (rls/pri)



 
Berita Lainnya :
  • Pemerintah Berencana Bentuk Indonesia Tourism Fund
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemerintah Kaji Regulasi Hingga Tingkatkan Dana Replanting Sawit
    02 Sepanjang 2024 Total Luas Lahan Terbakar di Riau 19,10 Hektare
    03 Awasi Penyaluran Beras SPHP Disperindag Pekanbaru Koordinasi dengan Bulog
    04 Wisata Edukasi, Siswa dari Pekanbaru dan Kuansing Kunjungi Perpustakaan Soeman HS
    05 Berikut Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau, Rabu 28 Februari
    06 Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan dari KASN
    07 29 Juta Serangan Siber Diblokir di Indonesia Selama 2023
    08 SK Penjabat Gubernur Riau Akan Diserahkan Pada Saat Pelantikan
    09 8 Negara Penghasil Kurma di Dunia, Ternyata Bukan Cuma Arab Saudi
    10 Disperindag Gelar Operasi Pasar Murah di 5 Daerah
    11 Indosat Gandeng Huawei untuk Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta
    12 Pj Wali kota Temukan Penyempitan Drainase Yang Sebabkan Jalan Rusak
    13 Paus Fransiskus Temui Warga Palestina, Sebut Israel Lakukan Genosida
    14 Akhirnya SF Hariyanto Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Riau
    15 F1 Powerboat 2024 Semakin Dekat, Logistik Sudah Tiba di Toba
    16 Daftar Impor Pangan 2024: Daging Sapi hingga Beras 3,6 Juta Ton
    17 Kejari Tanjungpinang Tuntaskan Penagihan Pembiayaan Bermasalah Atas 8 SKK yang Dipercayakan BRKS
    18 Pemerintah Tambah Alokasi Pupuk Subsidi Jadi 9,55 Juta Ton
    19 Usai Ikuti Air Show di Singapura, Pesawat Jupiter Aerobatic Team Singgah di Pekanbaru
    20 Cuaca Cerah Berawan, Dengan Potensi Hujan Ringan
    21 Jokowi Minta Anak Buah Antisipasi Dampak Resesi Jepang-Inggris
    22 Sandiaga Buka Suara RI Turun ke Posisi 5 Destinasi Populer di ASEAN
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau