Komitmen PHR dalam Memberdayakan Masyarakat Riau, Mulai Beasiswa hingga Konservasi
Kamis, 16-11-2023 - 13:16:08 WIB
Foto : Tim CSR PHR WK Rokan saat memaparkan program pemberdayaan masyarakat dalam acara Forum TJS SKK Migas Sumbagut, yang dilakukan sebagai upaya dalam berkontribusi kepada masyarakat di Provinsi Riau.
TERKAIT:
   
 

YOGYAKARTA -- PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan terus berikhtiar dalam menebar manfaat yang luas bagi masyarakat. Selain berfokus pada operasi yang andal dan selamat, PHR juga konsisten dalam mengimplementasikan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Hal tersebut disampaikan Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PHR – WK Rokan Pinto Budi Bowo Laksono dalam acara Forum Tanggung Jawab Sosial (TJS) yang ditaja SKK Migas Sumbagut bersama KKKS, di Yogyakarta 15-17 November 2023.

“Kami meyakini bahwa lewat program TJSL, kita dapat memberdayakan masyarakat secara luas, tujuannya yakni untuk kemandirian dan peningkatan ekonomi,” kata Pinto, Rabu (15/11/2023).

Acara yang digelar SKK Migas Sumbagut tersebut bertema “Think CSR, Corporate, Responsible dan Sustainable!: Menuju Target Minyak dan Gas Bumi 1 Juta BOPD - 12 BSCFD 2030”. Tujuannya, yaitu untuk berdiskusi dan berbagi informasi mengenai program yang telah dilaksanakan sebagai kontribusi terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi migas.

Dalam acara tersebut, Pinto bersama tim CSR PHR – WK Rokan lainnya memaparkan berbagai program TJSL, mulai dari Peningkatan Kapasitas Masyarakat Suku Asli, Kepulauan Terpencil dan Kelompok Difabel, lalu Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati, serta Program Integrasi Penanganan Stunting dan Ketahanan Pangan.

“Sasarannya program TJSL PHR adalah masyarakat yang berdampingan dengan area operasi. Sehingga operasi migas dalam mendukung ketahanan energi berjalan lancar dan manfaat kepada masyarakat terus mengalir,” ujar Pinto.

Ia menjelaskan, Forum TJS ini sangat bagus dilaksanakan sebagai salah satu wadah untuk berdiskusi dan berbagi informasi. Adapun program TJSL PHR WK Rokan mencakup 4 pilar, yakni: pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup dan kesehatan.

Pada forum tersebut, dipaparkannya terkait Pemberdayaan Masyarakat Sakai yang merupakan suku asli di Riau. Programnya mulai dari beasiswa pendidikan sakai, pemberdayaan ekonomi dan pengelolaan bank sampah suku sakai. “Secara umun, sirkular ekonomi kepada masyarakat Sakai ini berjalan dan memberikan manfaat yang baik,” tuturnya.

Selanjutnya disusul pemaparan tim CSR terkait Program Integrasi Penanganan Stunting dan Ketahanan Pangan PHR yang telah berhasil menurunkan angka stunting di Provinsi Riau. Dan selanjutnya tentang Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati, dalam program itu PHR WK Rokan melakukan program agroforestri dan pemasangan GPS Collar untuk mengantisipasi konflik antara gajah dan manusia.

“Program TJSL PHR ini bertujuan mendukung kemandirian masyarakat, ekonomi dan lingkungan. Sehingga kontribusi PHR ini memberikan dampak positif yang besar,” tambah Pinto.

Di sisi lain, program TJSL PHR tersebut berawal dengan 10 program di tahun 2021 sejak alih kelola WK Rokan, kini PHR dalam setahun telah melaksanakan 30 program TJSL yang dilaksanakan oleh berbagai mitra pelaksana yang jumlahnya juga meningkat dari 10 ke 21 mitra.

Dari segi dampak ke masyarakat, terdapat peningkatan 4 kali lipat jumlah penerima manfaat, dari 5.000 menjadi 21.000. Seluruh program itu tercakup ke dalam 12 dari 17 target atau goals dalam Sustainable Development Goals (SDGs). (rls/pri)




 
Berita Lainnya :
  • Komitmen PHR dalam Memberdayakan Masyarakat Riau, Mulai Beasiswa hingga Konservasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 PHR Salurkan 32 Ekor Sapi Kurban di Blok Rokan
    02 Bersama Ribuan Jemaah, Pj Gubri Salat Iduladha di Halaman Kantor Gubernur Riau
    03 Idul Adha, Ada Potensi Hujan di Riau
    04 Setor Rp.1.000 ke BRK Syariah Pekanbaru Arifin Ahmad, Pelajar Langsung Miliki Tabungan Simpel
    05 Unri Batalkan Kenaikan UKT
    06 Waspada Ada Potensi Hujan di Kota Pekanbaru, Pada Siang Hingga Malam Hari
    07 Gerakan Masyarakat Mahasiswa Pemantau Riau Awasi Kegiatan Semenisasi PUPR - PKPP
    08 Pemkab Bengkalis Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Tabungan Simpel dari BRK Syariah
    09 Akhir Pekan Cuaca Cerah Berawan, Dan Ada Potensi Hujan di Riau
    10 Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia
    11 Ruang Panel Listik Terbakar, Layanan BRK Syariah Dipastikan Tidak Terganggu
    12 PJ Gubri Minta Pemko Atasi Genangan Air di Depan RS Awal Bros
    13 Sempena HUT Pekanbaru BRK Syariah Gelar Seminar Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Bersyariah
    14 Termasuk Terendah di Dunia, Inflasi RI Terus Turun dalam 10 Tahun Terakhir
    15 Inovasi Quality Control, PHR Kembangkan Aplikasi I-TRUST untuk Tingkatkan Keandalan Operasi Migas
    16 Menpora: Presiden Minta PON XXI dan Peparnas XVII 2024 Dilaksanakan Tepat Waktu dan Sukses
    17 Cuaca Cerah Berawan, Ada Potensi Hujan di Sebahagian Wilayah Riau
    18 5 Pelajar SMAN 20 Batam Dapat Hadiah Uang Dalam Tabungan
    19 Pj Gubri: Perbaikan Jalan Provinsi di Kabupaten Rokan Hulu Dibahas Khusus
    20 Gerak Cepat, Pemprov Riau Terus Perbaiki Ruas Jalan Provinsi di Bengkalis
    21 Cegah Stunting, Pemprov Komitmen Sediakan Alat Antropometri untuk Seluruh Posyandu di Riau
    22 Pj Gubri Buka Evaluasi Kesehatan Ibu dan Anak, Fokus pada Pencegahan Stunting
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau