Gubernur Riau Hadiri Acara Final Generasi Berencana (Genre) 2023
Kamis, 01-06-2023 - 18:45:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU -- Generasi muda terutama Generasi Berencana (GenRe) di Provinsi Riau diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam hal pencegahan dan penurunan stunting. Pencegahan dimulai dari hulu dengan menghadirkan peran ketahanan remaja pada saat pra-nikah. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardayo, saat memberikan sambutan dalam acara final Genre Riau Tahun 2023 secara daring, Rabu malam (31/5) di Hotel Grand Centra Pekanbaru. 

“Upaya pencegahan stunting harus dimulai dari hulu, dimana para remaja yang akan menjadi calon pengantin atau calon usia subur bisa melakukan perencanaan pernikahan sebelum memutuskan untuk menikah. Sehingga perencanaan tersebut bisa menghasilkan pembangunan keluarga yang berkualitas, dan menjalani sumpah untuk tidak nikah pada usia dini, menghindari narkotika, pergaulan bebas dan menjadi generasi yang membanggakan,” jelas Hasto. 

Adapun pencegahan stunting tersebut, lanjut Hasto dimulai dari usia remaja mulai dari usia 10-24 tahun sebagai remaja Genre. Oleh sebab itu, generasi remaja harus bisa ikut mencegah stunting seiring dengan program pemerintah di tahun 2024 dengan target angka stunting diangka 14 persen. 

Dalam kesempatan itu Hasto juga berterimakasih atas respon peserta Genre di Propinsi Riau yang begitu antusias dalam mengikuti pemilihan duta Genre. Dimana nantinya, mereka yang terpilih sebagai duta bisa kembali mengasah ilmunya dikancah nasional bersama duta di seluruh propinsi di Indonesia. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Riau Mardalena Wati Yulia mengatakan bahwa sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor : 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga bahwa kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yakni dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi, pendidikan konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga, melalui pembinaan ketahanan keluarga remaja dan pembinaan pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R). 

Jadi nantinya dengan program Genrenya, yang merupakan salah satu program dari BKKBN bisa menghadapi berbagai permasalahan remaja.

“Apalagi proporsi jumlah remaja saat ini cukup besar, tentu sangat berpengaruh dan tidak hanya bagi kelompok remaja sendiri, namun bagi seluruh kelompok masyarakat, dan juga dalam rangka percepatan penurunan stunting dari hulu, dimana peran remaja sangat menentukan,” ungkap Mardalena.

Ia juga menambahkan, bahwa dalam rangka mencari figure motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK Remaja, sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk remaja, dalam kegiatan Genre Riau Award tahun 2023 ini Duta GenRe yang terpilih diharapkan dapat menjadi figur yang terampil dan berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan YME, dan juga akan mewakili provinsi Riau dalam pemilihan duta genre tingkat nasional. 

Dalam kesempatan itu, acara yang dihadiri oleh Gubernur Riau, H Syamsuar tersebut juga turut digelar pengukuhan  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Riau, Hj Misnarni Syamsuar sebagai Bunda Generasi Berencana (GenRe) Riau oleh Gubernur Riau disaksikan seluruh Genre di propinsi Riau. 

Dikatakan Gubernur Riau, Syamsuar bahwa menjadi merupakan tugas mulia yang diemban dalam rangka mendampingi dan pembinaan kepada remaja agar dapat merencanakan masa depan yang berkualitas. Bunda GenRe harus siap mendengarkan, memperhatikan dan menjadi motivator serta inspirasi bagi remaja di Bumi Lancang Kuning.

“Kepada ibu ketua TP PKK Riau, kami mengucapkan selamat atas pengukuhan sebagai bunda GenRe riau, sosok ibu yang selalu siap mendengarkan, memperhatikan dan menjadi motivator serta inspirasi bagi remaja atau GenRe di Riau,” jelasnya.

Sementara itu, ia juga turut berpesan kepada Duta Genre terpilih nantinya bisa menjaga nama baik propinsi Riau dan bisa mengulang keberhasilan Provinsi Riau pada tahun 2022 sebagai Juara I tingkat nasional. Serta menjadi roll model bagi teman-teman sebayanya, dan mensosialisasikan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana di Provinsi Riau, juga aktif ikut mensosialisasikan pencegahan stunting dari hulu.

“Yaitu dari usia remaja, sehingga percepatan penurunan stunting di Provinsi Riau dapat terlaksana dengan baik, dan sesuai harapan,”pungkasnya. (AD)



 
Berita Lainnya :
  • Gubernur Riau Hadiri Acara Final Generasi Berencana (Genre) 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Mantan Bupati Inhil Wafat, Pj Gubri Sampaikan Dukacita Mendalam
    02 Musim Hujan Diprakirakan Berlangsung Sampai Akhir April
    03 Disnakertrans Riau Tuntaskan 28 Laporan THR
    04 5.274 JCH Riau Mulai Diberangkatkan 12 Mei 2024
    05 Nasabah BRK Syariah Ikuti Silaturahmi dan bimbingan Jemaah Calon Haji
    06 AS Tangkap Hampir 500 Mahasiswa Pedemo Pro Palestina di Kampus-Kampus
    07 Per Maret 2024, APBN Surplus Rp8,1 T
    08 Timnas Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23. Erick Thohir, Mereka Pencetak Sejarah Baru
    09 Cuaca Cerah Berawan, Waspada Hujan Dengan Angin Kencang
    10 Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel melalui Drama Adu Pinalti
    11 Respon Keluhan Masyarakat, Pemko Pekanbaru Lelang Lagi Overlay 6 Ruas Jalan
    12 Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024: Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan
    13 Pj Gubri Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya
    14 Tim U-23 Indonesia Optimistis Redam Korea Selatan
    15 Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri
    16 Siswa SMAN 8 Pekanbaru Banyak Lulus SNBP di Perguruan Tinggi Ternama
    17 Masih Ada Hujan di Riau
    18 Dekati Batas Waktu Pelaporan SPT Tahunan Badan, Kanwil DJP Riau Kumpulkan Asosiasi se-Riau
    19 Pj Gubri Siap Jalankan Arahan Wapres Terkait Penanggulangan Bencana
    20 Pemprov Riau Gesah Persiapan Tari Massal untuk Event BBI-BBWI dan Lancang Kuning Carnival
    21 Presiden Tegaskan Pemerintah Hormati Putusan MK Soal Pilpres yang Final dan Mengikat
    22 Masih Ada Hujan, Waspada Petir Dan Angin Kencang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau