Musik
5 Rocker Dunia Bergelar Doktor
Kamis, 16-05-2019 - 09:43:33 WIB

TERKAIT:
 
  • 5 Rocker Dunia Bergelar Doktor
  •  

    Layaknya karakter Hulk di film-film Marvel, lima musisi ini adalah seorang jenius di kehidupan sehari-hari dan binatang buas di atas panggung. Mari lihat siapa saja mereka dan apa basis ilmu yang dijalani.

    Gitaris grup band Queen, Brian May bersama Adam Lambert usai membawakan dua buah hits pada pembukaan Academy Award 2019. Foto: Reuters/Mike Blake

    May adalah gitaris band Queen yang telah terkenal sejak era '70-an. Meski Freddie Mercury telah meninggal, May masih kerap menggelar tur bersama Queen dibantu oleh Adam Lambert sebagai vokalis utama.

    Sebelum Queen memperoleh ketenaran, May memang seorang akademisi. Sejak SMA, ia sangat cerdas di bidang matematika, matematika terapan, dan fisika. Pada 1984, ia pun lulus S1 dari Imperal College London jurusan fisika.

    Pada 2007, May akhirnya menyelesaikan penelitiannya mengenai rasi bintang zodiak yang sempat tersendat selama 36 tahun karena kesibukannya bermusik. Akhirnya, ia menyelesaikan studi S3 di Imperial College London dan meraih gelar doktoral bidang astrofisika.

    Milo 'Descendents’. Foto: Getty Images/Frazer Harrison

    Milo dan Descendents adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Karena gaya eksentrik Milo, Descendents pun menjadi panutan banyak musisi hardcore dan punk modern hari ini, seperti Green Day, Paramore, dan Turnstile.


    Sejak mulai berkarier sebagai vokalis Descendents di era '80-an, Milo sudah terkenal sebagai seorang vegan alias orang yang tidak memakan santapan berbahan dasar daging. Gaya hidup itu didasari oleh kecintaan Milo pada ilmu biologi dan kimia.

    Milo terus aktif menjadi akademisi dan memperoleh gelar doktoral di bidang biologi dari UC San Diego sejak 1992. Sekarang Milo memang sudah memutuskan untuk fokus bermusik, namun selama lebih dari 10 tahun, ia menjabat sebagai kepala penelitian di perusahaan senjata api Amerika Serikat, DuPoint, dan dosen di University of Delaware.

    Greg Graffin 'Bad Religion'. Foto: Getty Images/Mauricio Santana

    Bad Religion terkenal sebagai salah satu band yang revolusioner bagi skena punk di seluruh dunia. Musik-musik mereka pun terkenal kontroversial karena penuh pesan yang anarkis dan provokatif.

    Vokalis Bad Religion, Gref Graffin, terkenal sebagai musisi punk tercerdas kedua setelah Milo 'Descendents'. Ia telah meraih gelar S3 dibidang sejarah sains dari Cornell University.

    Selain menjadi musisi, Graffin diketahui pernah mengajar sebagai dosen di University of California, Los Angeles (UCLA) pada 2008. Sejak 2011, ia pun kerap menjadi dosen tamu di Cornell University.

    Dexter Holland 'The Offspring’. Foto: Getty Images/Kevin Winter

    Dexter Holland menjadi musisi punk rock yang tak kalah cerdas dalam list ini. Holland merupakan vokalis utama dan gitaris band skate punk, The Offspring, sejak awal terbentuk pada 1984 hingga hari ini.

    Sejak SMA, Holland memang sudah tertarik pada matematika. Menurutnya, menyukai matematika tidak umum bagi anak SMA dan hal itu sesuai dengan idealisme punk.

    Holland memperoleh gelar S3 doktoral bidang biologi molekuler dari Keck School of Medicine. Disertasinya juga amat bermanfaat karena membahas soal pengobatan HIV/AIDS.

    5. Sterling Morrison (Velvet Underground)

    Sterling Morrison 'Velvet Underground’. Foto: Getty Images/Michael Ochs Archives

    Nama Sterling Morrison memang tidak seterkenal frontman Velvet Underground, Lou Reed. Namun, ia selalu disebut sebagai sosok jenius di balik semua lagu-lagu hits Velvet Underground di era '60-an.

    Morrison juga dikenal sebagai seorang akademisi dan penggiat sastra yang ulung. Ia mendapat gelar doktoral berkat disertasi penulisan sastra abad pertengahan pada empat puisi Cynewulf.

    Morrison memang telah meninggal dunia pada 1995 karena penyakit lyphoma. Namun, kecerdasan dan kariernya bersama Velvet Underground selalu dikenang hingga hari ini.




     
    Berita Lainnya :
  • 5 Rocker Dunia Bergelar Doktor
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemprov Riau Segera Luncurkan Aplikasi Pengaduan e-Lapor
    02 Gelar Rakor Pengamanan Mudik Lebaran, Wagubri Ingatkan Personel Beri Pelayanan Maksimal
    03 Kanwil DJP Riau Terus Tingkatkan Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak
    04 Pimpin Upacara Harkitnas, Wagubri Ajak Masyarakat Kembali Bersatu Usai Pemilu
    05 Motto Andalan Bola Dunia Taylor, Customer Adalah Raja , Kepuasan Pelanggan Jadi Yang Utama
    06 5 Rocker Dunia Bergelar Doktor
    07 Keanu Reeves Berbahasa Indonesia di John Wick 3, Ini yang Diucapkan
    08
    09 Wagubri Tegur ASN tak Berpakaian Melayu Lengkap
    10 Red Doorz Siap Bersaing Dengan Hotel Konvensional
    11 Blink-182 Angkat Sisi Nostalgia Dalam Single Baru Mereka, ‘Blame It On My Youth’
    12 Pemko Pekanbaru Peruntukkan 23 M DAK Guna Pengadaan Alkes RS Madani
    13 Go food Festival Untuk Wisata Kuliner di Bulan Ramadhan
    14 KPU Pekanbaru Minta KPU RI Perpanjang Masa Rekap Tingkat Kota
    15 Lana Del Rey Akan Merilis Cover Lagu Milik Sublime, ‘Doin’ Time’
    16 Pemko Pekanbaru akan Gelar Festival Perahu Naga
    17 Wako Larang Film Kucumbu tubuh indahku Tayang di Bioskop Pekanbaru
    18 Panitia Waisak Nasional Audiensi dengan Gubri
    19 Walikota Berkonsultasi ke Biro Hukum Kemendikbud
    20 Disdukcapil Pekanbaru Gesa Pencetakan KTP Elektronik
    21 BBKSDA Akan Lepaskan Liarkan Harimau Bonita
    22 Lembaga Penyiaran Diminta Terus Jaga Situasi Sejuk Hingga Pemilu Usai
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau