Dihadiri Tiga Wartawan Riau
Munas Tetapkan Ismail Lutan sebagai Ketua Umum PJMI 2022-2027
Kamis, 04-08-2022 - 18:57:44 WIB
Peserta Munas PJMI foto bersama
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Musyawarah Nasional (Munas) III Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) menetapkan secara aklamasi wartawan senior, Ismail Lutan sebagai Ketua Umum dan W Suratman sebagai Sekretaris Umum PJMI periode 2022-2027.

Kedua tokoh ini terpilih sebagai pimpinan PJMI lima tahun kedepan setelah disetujui secara bulat oleh seluruh peserta Munas III dari seluruh Indonesia. Termasuk tiga wartawan dari Provinsi Riau, masing-masing Fakhrunnas MA Jabbar, Satria Utama Batubara dan Saparudin Koto.

Munas III PJMI yang mengambil tema," Meneguhkan Peran Jurnalis Muslim di era Digital dan Media Sosial agar Mampu Menjawab Tantangan Zaman ini"  dilaksanakan di The Bridge Function Room Hotel Horizon, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Diikuti sekitar 75 peserta berasal dari Jakarta dan daerah seluruh Indonesia, terdiri dari wartawan muslim, dan praktisi pers.

Ketua PJMI terpilih Ismail Lutan, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan peserta Munas PJMI yang memilihnya secara aklamasi sebagai Ketua Umum. Dia meminta dukungan semua pihak agar bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, termasuk membentuk PJMI di seluruh Provinsi dan kabupaten/Kota se Indonesia.

"Ini amanah yang tak ringan mohon dukungan semua pihak, sehingga sebagai Paguyuban yang beranggotakan wartawan-wartawan Muslim memberikan manfaat bagi kita semua, bangsa dan negara dan tentunya dunia Islam,'katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam sambutannya secara virtual saat pembukaan, menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya Munas III PJMI. "Sebuah tema yang menarik. Selamat Munas. Selamat berdiskusi. Salam hangat dari Balaikota,” kata Gubernur Anies.

Gubernur Anies berharap dari Munas ini muncul gagasan, terobosan, sehingga jurnalis muslim akan bisa menghadirkan informasi yang obyektif yang mencerahkan, mencerdaskan, dan memberikan manfaat bagi semua.

Rangkaian acara Munas PJMI III diawali diskusi dengan menampilkan tiga nara sumber. Masing-masing Ekonom kerakyatan, Awalil Rizki, Ketua MUI Bidang Penegakan Moral dan Etika Bangsa DR. KH Masyhuril Khamis, SH, MH, Wakil Dekan Pascasarjana Universitas Djuanda Dr. Muhmmad Lutfie,M.Si. Ikut hadir juga Tokoh Pers Parni Hadi, Mantan Pengurus Kadin Urusan Timur Tengah Ir.H Mohammad Bawazeer, Pendiri dan mantan Ketua Umum PJMI, Mohammad Anthony dan Iwan Samariansyah serta sejumlah tokoh pers lainnya

PJMI bukalah organisasi profesi wartawan, melainkan paguyuban sosial yang  mewadahi jurnalis, para penulis, pegiat media sosial dan blogger. Paguyuban ini berdiri sejak 2011 lalu.

Adapun visi misi dari PJMI didirikan antara lain atas sebuah kesadaran sejarah dari para jurnalis muslim tentang pentingnya pembelaan terhadap nilai-nilai keadilan dalam penyampaian informasi. Termasuk ditauladaninya sifat-sifat kenabiann oleh wartawab Muslim dalam menjalankan tugasnya. Sifat itu antara lain Siddiq-jujur dan benar, Amanah-dapat dipercaya, Tabligh-menyampaikan dan Fathonnah-cerdas.

PJMI telah banyak berkontribusi terhadap perkembangan dunia pers di Tanah Air. Memasuki era jurnalisme digital yang ditandai dengan berkembang pesatnya media sosial (Medsos), PJMI terus meningkatkan profesionalitas dengan tetap berpegang teguh kepada kebenaran, keadilan dan kejujuran.

Wartawan Senior Provinsi Riau, Fakhrunnas MA Jabbar berharap organisasi ini dapat memberikan pencerahan kepada wartawan muslim sehingga lebih cerdas dalam menyampaikan informasi kepada khalayak.(rls)



 
Berita Lainnya :
  • Munas Tetapkan Ismail Lutan sebagai Ketua Umum PJMI 2022-2027
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 PBB Cemas Situs Nuklir Iran Jadi Target Empuk Balas Dendam Israel
    02 Harga Minyak 'Mendidih' Usai Israel Pertimbangkan Balas Serangan Iran
    03 Anggap Kekalahan Indonesia Kontroversial, Erick Thohir Kirim Surat Protes ke AFC
    04 Pemprov Riau Tak Berlakukan WFH ASN
    05 Pj Gubri SF Hariyanto Pimpin Apel Pagi Bersama Usai Libur Lebaran
    06 Waspada Ada Potensi Hujan di Sebahagian Besar Wilayah Riau.
    07 Meski Bermain Agresif Timnas U23, Harus Terima Kekalahan
    08 ASN Pemko Pekanbaru Jangan Tambah Cuti Lebaran 2024
    09 STY Optimis Hadapi Qatar Malam Ini
    10 Menteri PANRB: Pelayanan Publik Tetap WFO 100 Persen
    11 Antispiasi Kemacetan Puncak Arus Balik Libur Idulfitri di Riau, Semua Loket Pintu Tol Dibuka
    12 Cuaca Cendrung Berawan dan Ada Potensi Hujan di Sebahagian Besar Wilayah Riau.
    13 Bapenda Riau Bebaskan Denda Keterlambatan Pajak Kendaraan, Ini Syaratnya
    14 Pasca Libur Lebaran, Pj Sekda Riau Minta Kepala OPD Laporkan ASN yang Lakukan WFH
    15 Pemprov Riau akan Gelar Apel Bagi ASN Work From Office
    16 Ribuan Masyarakat Saksikan Festival Perahu Beganduang di Lubuk Jambi Kuansing
    17 Libur, Waspada Hujan di Sebagian Besar Wilayah Riau
    18 Penyeberangan Dumai-Rupat Padat, Dishub Riau Imbau Masyarakat Atur Rencana Kepulangan.
    19 Libur Lebaran, Riau Aman Karhutla
    20 Tiga Hari Arus Mudik Lebaran, 154 Penerbangan Beroperasi di Bandara SSK II Pekanbaru
    21 Setia di Ladang Minyak, PHR Apresiasi Para Pekerja Blok Rokan yang Siaga Saat Lebaran
    22 Akhir Pekan Cuaca Cerah Berawan, Tapi Tetap Ada Hujan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau