Buletinsatu

15 Orang Kelompok Radikal Penyerang Kantor Kemendagri Ditangkap Polisi

Kepolisian Daerah Metro Jaya akhirnya mengamankan 15 orang anggota kelompok radikal yang diduga ikut terlibat dalam penyerangan kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di kawasan Medan Merdeka Utara, Rabu (11/10).

Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Nico Afinta mengatakan, 15 orang dari kelompok radikal tersebut diduga telah melakukan pengeroyokan.

"Ada 15 orang (diamankan) di TKP (tempat kejadian perkara) di Kemendagri," ujarnya saat dikonfirmasi.

Polisi belum dapat memastikan jumlah pedemo radikal yang terlibat aksi penyerangan dan pengerusakan kantor Kemendagri, namun pengejaran terhadap mereka terus dilakukan.

Polisi, kata Nico, juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti batu dan pecahan kaca.

"Setelah peristiwa itu tim gabungan Polres Jakarta Pusat dan Polda melakukan penyisiran dan mengamankan 15 orang. Sementara ini masih melakukan pengejaran terhadap yang lain," tuturnya.

Penyerangan kantor Kemendagri berawal dari agenda pertemuan antara massa pendukung radikal salah satu calon bupati Tolikara dengan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Soedarmo, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Soemarsono untuk membahas sengketa Pilkada 2017 di Tolikara.

Perwakilan massa tiba-tiba keluar dari ruangan hanya sesaat sebelum pertemuan digelar. Tanpa alasan yang jelas massa kemudian menyerang dan merusak kantor Kemendagri.

Empat orang terluka akibat peristiwa itu. Namun Nico belum dapat menjelaskan detail soal korban. Menurutnya, korban dapat melaporkan kejadian itu ke kepolisian.

Nico mengatakan, para pelaku yang ditangkap bisa dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

Saat ini, 15 orang yang ditangkap masih menjalani pemeriksaan. Polisi masih mencari tahu penyebab insiden tersebut dan motif terjadinya kerusuhan tersebut.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah menginstruksikan jajarannya untuk tidak terpancing dengan aksi penyerangan tersebut yang dia duga dilakukan massa suruhan oknum tertentu.

Tjahjo juga mengatakan, telah meningkatkan pengamanan kantor Kemendagri karena kantornya berada di ring satu Istana Kepresidenan.(buletinsatu/cnn)
loading...

Politik

[Politik][fbig1][#e74c3c]
Loading...

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]

Ekonomi

[Ekonomi][fbig1][#e74c3c]

Kriminal

[Kriminal][fbig1][#e74c3c]

Hukum

[Hukum][fbig1][#e74c3c]

Internasional

[Internasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.