Buletinsatu

Tip Membuat Olahan Ayam Goreng yang Lezat? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

AYAM goreng merupakan salah satu hidangan lezat yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Dengan cita rasa gurih serta tekstur kulitnya yang renyah dan menggugah selera, tak heran jika ayam goreng selalu dijadikan hidangan utama dalam berbagai acara spesial, atau hanya sekadar dijadikan menu makan malam.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui teknik mengolah ayam goreng yang tepat. Alhasil, daging ayam terkadang tidak matang secara merata atau bahkan menjadi keras dan sulit untuk dikunyah.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut Okezone rangkumkam 5 tips sukses menggoreng ayam yang bisa Anda coba di rumah. Seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (16/9/2017).

Rendam dalam air dingin
Sebelum mencelupkan ayam ke dalam adonan tepung, rendam terlebih dahulu di dalam air es agar sari daging ayam terjaga saat sedang digoreng. Hal ini penting dilakukan untuk membuat tekstur daging ayam terasa lebih juicy dan tidak kering saat dihidangkan. Selain itu, sebelum mencelupkan daging ayam ke adonan, keringkan terlebih dahulu bagian luarnya dengan handuk kering atau paper towel.

Gunaka baking powder
Banyak yang tidak mengetahui bahwa baking powder juga dapat digunakan untuk mengolah ayam goreng. Bahan makanan ini akan membantu adonan ayam goreng Anda mengembang saat digoreng. Sehingga teksturnya pun akan semakin renyah.

Jangan ragu menggunakan minyak goreng
Agar olahan ayam goreng dapat matang secara merata, jangan ragu menggunakan minyak yang banyak. Kalau perlu gunakan minyak hingga seluruh bagian ayam terendam. Selain itu, perhatikan suhu minyak sebelum memasukkan ayam. Minyak harus cukup panas agar ayam tidak terlalu menyerap minyak saat proses penggorengan berlangsung.

Hindari menggoreng daging ayam sekaligus
Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan saat menggoreng ayam adalah memasukkan ke wajan sekaligus. Yang perlu Anda ingat, tidak semua bagian ayam bisa matang dalam waktu bersamaan. Jika dibandingkan bagian paha, dada dan sayap ayam cenderung membutuhlan lebih lama untuk matang.

Jangan terlalu lama menggoreng
Jika menginginkan warna yang sempurna (coklat keemasan), angkat ayam ketika masih berwarna sedikit lebih terang dari warna kulit yang Anda inginkan. Pasalnya, waena ayam goreng setelah diangkan akan menjadi sedikit lebih gelap dibandingkan saat masih berada di penggorengan. Untuk mendapatkan warna yang sempurna, ayam goreng tepung biasanya digoreng selama kurang lebih 12-15 menit saja.(okezone/buletinsatu).

Posting Komentar

loading...

Politik

[Politik][fbig1][#e74c3c]
Loading...

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]

Ekonomi

[Ekonomi][fbig1][#e74c3c]

Kriminal

[Kriminal][fbig1][#e74c3c]

Hukum

[Hukum][fbig1][#e74c3c]

Internasional

[Internasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.