Buletinsatu

Kata SMRC: Yang Masih Percaya PKI Ada Hanya Pendukung PKS dan Gerindra

Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) melakukan survei nasional berkaitan dengan isu kebangkitan PKI. Survei ini dilakukan lantaran belakangan banyak isu yang menyebut PKI akan bangkit kembali setelah tumbang pada masa 1965 silam.

Dari sebanyak 1057 responden yang terpilih secara random (multistage random sampling), diketahui mayoritas masyarakat yang percaya dengan isu kebangkitan PKI berasal dari pendukung Partai Gerindra dan PKS.

"Paling besar dari PKS 37 persen dan Gerindra 20 persen. Golkar hanya 6 persen," jelas Sirojudin Abbas, Direktur SMRC, di Cikini, Jumat (29/9).

Sedangkan dari partai lainnya, untuk responden yang berasal dari pendukung PAN, mereka yang setuju dengan isu itu 18 persen, PPP 16 persen, Hanura 17 persen, PKB 11 persen, PDIP 11 persen, Golkar 6 persen, dan lainnya sebanyak 7 persen.

Dalam riset itu, SRMC juga melakukan penelitian tentang latar belakang responden yang setuju dengan isu itu berdasarkan pilihannya pada Pilpres 2014 silam. Dari presentasi yang dijelaskan, diketahui sebanyak 19 persen pendukung Prabowo menyetujui isu kebangkitan PKI. Sedangkan dari pendukung Jokowi, hanya 10 persen.

"Irisan pendukung Prabowo dengan yang setuju isu kebangkitan PKI lebih besar dibanding dengan opini pendukung Jokowi," lanjut Sirajudin.

Hal ini, kata dia, konsisten dengan kecenderungan opini publik berdasarkan dukungan partai. Partai-partai yang memiliki kedekatan dengan Prabowo seperti PKS dan Gerindra memiliki kecenderungan setuju pada isu kebangkitan PKI dibanding dengan partai-partai pendukung pemerintah.(buletinsatu.com/kum)
loading...

Politik

[Politik][fbig1][#e74c3c]
Loading...

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]

Ekonomi

[Ekonomi][fbig1][#e74c3c]

Kriminal

[Kriminal][fbig1][#e74c3c]

Hukum

[Hukum][fbig1][#e74c3c]

Internasional

[Internasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.