Buletinsatu

Bupati Rita yang Ditunjuk Jokowi Jadi Bendahara SEA Games, Ternyata Koruptor

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mengaku ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi bendahara umum untuk SEA Games XXIX Indonesia.

"Iya benar jadi bendahara umum, kemarin upacara pelepasan dipimpin Pak Jokowi dan dihadiri Menteri Puan Maharani," kata Rita, Selasa (8/8/2017) seperti dikutip dari kompas.com

Selengkapnya di sini: http://regional.kompas.com/read/2017/08/08/08331611/bupati-rita-ditunjuk-jokowi-jadi-bendahara-umum-sea-games-xxix

Tidak hanya menjadi bendahara, Rita bahkan ditugaskan membawakan lagu Indonesia Raya. Di depan Menteri Puan dan tamu kehormatan lain, Presiden Jokowi memercayakan kontingen Indonesia kepada Rita.

"Bapak (Jokowi) bilang jangan khawatir, saya juga bawakan lagu Indonesia Raya, padahal tugas asli bendahara umum," kata Rita tertawa.

Bupati yang ditunjuk Jokowi jadi bendahara umum SEA Games XXIX ternyata seorang koruptor yang terjaring OTT KPK. Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rita Widyasari menjadi tersangka korupsi karena masalah gratifikasi. Kasus ini biasanya terjadi di daerah-daerah yang banyak mengeluarkan izin. Kabupaten Kutai Kartanegara, misalnya, banyak mengeluarkan izin pertambangan batubara, maupun perkebunan.



"Daerah-daerah yang natural resourcesnya tinggi, relatif gratifikasinya besar," kata Kalla, di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu, 27 September 2017.

Penyelidik KPK telah menggeledah Sekretariat Bupati Kutai Kartanegara di Jalan Woltermongonsidi, Tenggarong, Kalimantan Timur. Namun, KPK belum menyatakan perkara yang membelit politikus Partai Golkar itu.

"Ibu Rita ditetapkan sebagai tersangka betul, tetapi bukan OTT. Itu aja dulu," kata Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif di sela-sela rapat dengar pendapat dengan Komisi Hukum DPR RI, Jakarta, Selasa, 26 September 2017 seperti dikutip dari tempo.co

Selengkapnya disini : https://nasional.tempo.co/read/1020175/kalla-bupati-rita-jadi-tersangka-korupsi-karena-gratifikasi

Syarif mengatakan perkara yang disangkakan kepada Rita merupakan pengembangan dari perkara yang sudah ada sebelumnya. Namun, ia tidak merinci kasus apa yang dikembangkan dalam penetapan Rita sebagai tersangka. Meski ditetapkan sebagai tersangka, KPK belum akan menahan Rita.



Rita adalah salah satu dari sejumlah pejabat daerah yang dijadikan tersangka korupsi oleh KPK belakangan ini. Selain Rita, ada pula Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Bupati Batubara OK Arya Zulkarnaen, dan Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi. Mereka menjadi tersangka setelah terjaring Operasi  Tangkap Tangan KPK.(buletinsatu.com/kompas/tempo)
loading...

Politik

[Politik][fbig1][#e74c3c]
Loading...

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]

Ekonomi

[Ekonomi][fbig1][#e74c3c]

Kriminal

[Kriminal][fbig1][#e74c3c]

Hukum

[Hukum][fbig1][#e74c3c]

Internasional

[Internasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.